Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas - Polantas RI

Tuesday, September 16, 2014

Daftar Mobil Terlaris di Indonesia

Sumber: otomotif.kompas.com
Pabrikan kendaraan bermotor khususnya roda empat berlomba untuk menguasai pasar mobil Indonesia. Lagi-lagi jawaranya adalah pabrikan asal Jepang yang berhasil menguasai lima besar penjualan mobil terlaris di Indonesia.

Data yang dilansir oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menunjukkan pabrikan Toyota masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Posisi teratas bercokol Toyota Avanza dengan total penjualan Januari-Agustus sebanyak 112.752 unit. Meskipun turun sebanyak 18,9 persen dari tahun sebelumnya, tapi masih belum ada merk lain yang mampu menggoyang penjualan “mobil sejuta umat” tersebut. Selanjutnya, ranking ketiga dan keempat juga masih dikuasai oleh Toyota dengan Agya dan Innova-nya.

Agya sebagai mobil murah yang ramah lingkungan (LCGC) telah berhasil menyedot perhatian konsumen Indonesia dengan total penjualan dari Januari hingga Agustus sebanyak 46.399. Kemudian diposisi ke-empat masih ada Kijang Innova dengan total penjualan hingga Agustus ini sebesar 40.805 unit, turun 4,7 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, yakni 42.831 unit.  

Posisi ke-lima ditempati pabrikan Suzuki, dengan Ertiga-nya dengan total penjualan 32.916 unit. Meskipun turun dari periode sebelumnya, yaitu 44.908 unit, Ertiga masih mampu mempertahankan posisinya dijajaran lima besar mobil terlaris.


Selanjutnya, Honda dengan merk Mobilio berhasil menghentak pasar otomotif Indonesia dengan penjualan puncaknya 10.896 unit pada Juni 2014. Tapi setelah itu, penjualan mobil yang disebut-sebut sebagai pesaing Toyota Avanza ini stabil diangka 6000-an unit per bulannya. Adapun total penjualan Mobilio sampai Agustus adalah 59.379 unit dan membawanya berada diperingkat kedua. Bila pabrikan lain tidak hati-hati, maka bisa jadi Mobilio akan menempel ketat Avanza dan bahkan mengunggulinya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...