Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas - Polantas RI

Sunday, October 5, 2014

Cara Mengemudi Mobil Manual

Dewasa ini, mobil dengan transmisi manual memiliki 5 (lima) percepatan ditambah dengan fungsi R (reverse) untuk mundur. Berikut kami akan memberikan teknik mengoperasikan transmisi manual untuk mempermudah dalam memberikan gambaran bagi pembaca sekalian sebelum praktek langsung di jalan.

Sumber: malesbanget.com

Pertama, pastikan persneling atau transmisi dalam kondisi neutral, caranya goyangakan tuas persneling ke kanan dan ke kiri (horizontal), bila tuas bergerak dengan mudah atau tidak kaku, berarti posisi persneling sudah neutral. Cara kedua bisa dilakukan dengan menggerakan tuas ke atas atau ke bawah, bila bisa digerakan ke atas dan ke bawah, berarti tuas sudah berada pada posisi neutral.

Kedua, bila posisi persneling sudah berada pada posisi neutral, nyalakan mesin. Sebagian mobil bisa dinyalakan langsung dengan memutar kunci kontak, sebagian menggunakan tombol starter, sebagian menstarter mesti diiringi dengan menginjak kopling, dan sebagian lagi menstarter mesti dengan menginjak rem (pastikan anda membaca buku pedoman, karena pengoperasian tersebut tergantung jenis kendaraan anda masing-masing).

Ketiga, setelah mobil menyala, injak kopling sampai dasar (biasa disebut dengan injak kopling penuh). Setelah itu, geser tuas hingga ke ujung kiri kemudian gerakan lagi mengarah ke atas. Pada posisi ini anda sudah berada pada posisi gigi 1.

Keempat, geser tuas lurus ke bawah (vertikal). Anda akan melewati posisi neutral kemudian gerakan ke bawah lagi dan anda telah berada di posisi gigi 2.

Kelima, geser tuas vertika ke atas hingga posisi neutral kemudian gerakan ke arah kanan sedikit, lalu arahkan ke atas. Ini adalah posisi gigi 3. Untuk menuju gigi 4, maka tinggal anda gerakan vertikal ke bawah tuas persneling anda. Sama seperti pada posisi gigi gigi 1 menuju gigi 2, maka dari gigi 3 menuju gigi 4, anda juga akan melewati posisi neutral.

Keenam, naikan kembali tuas ke atas (pada psosisi neutral) kemudian gerakan hingga ke ujung kanan lalu naikkan tuas ke atas. Sekarang anda sudah berada pada posisi gigi 5.

Bila anda ingin menggerakan mobil mundur, maka dari posisi gigi berapapun anda bisa langsung memindahkan persneling ke posisi R. Caranya arahkan tuas pada posisi neutral, kemudian gerakan ke arah ujung kanan hingga mentok lalu arahkan ke bawah.


Demikian pengenalan tranmisi manual dari kami. Silahkan mencoba-coba di rumah. Sehingga saat anda memulai kursus mengemudi, sudah tidak canggung lagi. Pastikan ketika anda mencoba, posisi kaki kiri menginjak kopling full dan jangan pernah diangkat. Karena bila kondisi mesin menyala dan persneling anda tidak berada pada posisi neutral dan kopling tidak anda injak penuh, maka mobil akan melaju dan bisa menabrak. Tips ini juga hanya berlaku untuk sebagian besar mobil Jepang, khusus untuk mobil Eropa, seperti Mercedes dan BMW berbeda. Beberapa mobil Korea juga memiliki pengoperasian transmisi manual yang berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan anda melihat buku pedoman. Pastikan anda didampingi oleh orang yang piawai. Selamat mencoba dan bagi anda yang tinggal di sekitar Tangsel, kami tunggu anda di kursus stir mobil TULUS JAYA.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...